Pemodelan Equipment Sederhana

agfirmansyah 09.43
Berikut ini diuraikan langkah - langkah dalam pemodelan equipment sederhana.

1. Create Site, langkah ini didapat dengan mengakses Create -> Site 
Create site tool box
Create site tool box
Temukan penamaan untuk SITE, user dapat juga memberikan informasi lainnya melalui Attributes, klik tombol attributes.
Attribute site tool box

Attribute site tool box

Double klik pada masing - masing bagian untuk memasukkan informasi atau deskripsi, lalu tekan OK dan apply.
2. Berikutnya adalah create ZONE, melalui Create -> Zone ; 
Create zone tool box
Create zone tool box
 
Sama halnya dengan Create Site, bagian ini juga dapat menyimpan informasi yang diperlukan.
Perlu diingat bahwa informasi pada SITE atau ZONE seperti Purpose  atau description  akan menjadi salah satu informasi yang sangat berguna untuk fungsi report. Report akan dibahas pada bab tersendiri.

3. Create Equipment, dari menu Create -> Equipment, user akan mendapatkan tool box  seperti di bawah ini:
Create equipment tool box
Create equipment tool box
Berikan nama Equipment , set semua posisi pada koordinat 0 dan yang terpenting ketik /* pada bagian Wrt.
Maksud tanda (*) adalah With respect to Worl  hal ini dilakukan untuk memudahkan peletakkan primitive  dalam membangun sebuah equipment juga untuk alasan lebih memudahkan relokasi equipment.
Klik tombol OK setelah langkah di atas selesai Anda lakukan.

sekarang nama equipment  tersebut dapat dilihat pada member tool box hierarchy  seperti gambar berikut:
Equipment pada hierarchy
Equipment pada hierarchy
4. Kemudian create primitive  dari Create -> Primitive. seperti yang telah dijelaskan sebelumnya primitive dapat langsung diletakkan dalam equipment atau di dalam sebuah subequipment, subequipment akan lebih maksimal pengaplikasiannya pada sebuah equipment  dengan banyak primitive pembangun, akan tetapi pada pembuatan vessel ini kita hanya membutuhkan beberapa primitive saja, untuk latihan kedepan akan dibuat subequipment sebelum peletakkan primitive-primitive tersebut.
Create primitive tool box
Create primitive tool box
Untuk  pemodelan Vessel-001 tersebut terlebih dahulu dibuat badan vessel yang berbentuk silinder pada menu Create terdapat pilihan Solid dan Negative, pilihan Negative digunakan apabila menginginkan bentuk coakan, alur atau lobang. Pada bagian type pilih Cylinder.
Cylinder - Primitive tool box
Cylinder - Primitive tool box
 
Data masukkan seperti gambar di atas maksudnya adalah posisi datum equipment akan berada pada koordinat North 0 East 0 dan Elevasi 0 terhadap equipment, sedangkan Orientasi Z-Axis N (North ) akan menampilkan posisi Cylinder dengan arah horizontal.
Ilustrasi primitive tersebut ditampilkan seperti gambar berikut, untuk menjadi acuan selalu diingat bahwa X=East, Y=North, Z=Up sebaliknya  -X=West, -Y=South, -Z=Down.
Ilustrasi primitive dengan Z-axis N

Ilustrasi primitive dengan Z-axis N
 Untuk memudahkan pemindahan posisi ataupun penempatan primitive, geser cylinder tersebut ke arah North sejauh 200mm, dapat dengan memasukkan angka 2000 pada North, akan tetapi bila sudah terlanjur menekan tombol OK Anda dapat memasukkan syntax  BY N 2000MM pada command tool box , ingat posisi CE pada member tool box adalah pada CYLI1. Pemindahan primitive dapat juga melalui beberapa menu pada Position.
Memindahkan equipment dengan command line

Memindahkan equipment dengan command line
 

Masih dari Create Cylinder tool box, Representation adalah pengkondisian terhadap primitive  itu sendiri apakah Detail w/Obstruction berarti segala sesuatu yang diluar elemen equipment  ini akan dianggap clash  bila bersinggungan secara langsung ataupun sebaliknya (No Obstruction)  atau dengan pemilihan  Reserved Volume , reserved volume adalah pangalokasian ruang untuk sesuatu sehingga bila ada yang menghalangi primitive  ini tidak terlihat solid  seperti bentuk primitive  lain pada umumnya, contoh reserved volume untuk pintu, jika pintu dalam posisi tertutup tentunya harus disediakan reserved volume untuk daun pintu saat dibuka dan tidak boleh ada sesuatu benda apapun yang menghalanginya jika tidak mustahil pintu tersebut dapat dibuka dengan sempurna.

Berikutnya adalah dua buah Dish pada kedua ujung Cylinder , masih dari Create Primitive Tool Box, pilih type->Dish.
Create dish primitive tool box
Create dish primitive tool box
Dari data - data pada Create Dish Tool Box , posisi Dish  adalah N0 E0 U0 karena Dish akan dibuat persis pada datum  point equipment  dan menghadap ke arah South ( Z-Axis S ). Untuk Dish  kedua Anda bisa mengulangi langkah tersebut di atas dengan posisi N 4000 E 0 U0 dan orientation  Z-Axis adalah N. Ingat Dish kedua ini bertolak belakang dengan Dish  I yang telah di- Create  sebelumnya atau bisa juga dengan menggunakan menu copy  dan  rotate . Menu ini dapat diakses melalui Create -> Rotate.
Menu copy dan rotate
Menu copy dan rotate
Berikutnya Anda akan mendapatkan tool box  seperti di bawah ini :
Copy and rotate tool box
Copy and rotate tool box
Jangan lupa posisikan dish - I sebagai CE , pada member tool box  atau select dish  dengan pick langsung pada model, kadangkala jika kita klik sebuah primitive  pada tampilan monitor tapi yang muncul pada member tool box  adalah equipment , untuk itu Anda harus memilih menu navigate to element dengan tanda icon ( kursor ) dan pastikan navigation level pada main menu bar adalah element seperti gambar berikut ini:
Navigation level tool box
Navigation level tool box

Bila navigaton level  di-setting  pada equipment , user tidak akan dapat mengklik salah satu element (primitive)  hal ini dapat dibuktikan dengan melihat posisi pada member tool box dimana CE akan selalu menuju kepada level equipment.
Saat ini Anda telah mempunyai 1 Cylinder  dan 2 Dish , berikutnya adalah kaki dari vessel - 001 dimana terdiri dari 2 buah box.
Masih dengan cara seperti untuk membuat Cylinder atau Dish  dari  Create primitive tool box type-> Box.
Isikan data - data seperti gambar berikut :
Create box primitive
Create box primitive
Create box primitive
Create box primitive
Sebelum diuraikan satu persatu maksud nilai yang yang dimasukkan pada masing-masing kotak isian, sebaiknya dipahami terlebih dahulu maksud besaran tiga arah seperti pada gambar create box primitive.
Telah dibhas sebelumnya arah dari masing - masing besaran ( X, Y dan Z ) akan tetapi untuk lebih memudahkan dalam memahami arah - arah tersebut coba Anda perhatikan kembali gambar berikut ini :
Arah besaran pada sebuah box primitive
Arah besaran pada sebuah box primitive
 
Selanjutnya akan diuraikan satu - persatu maksud dari nilai yang dimasukkan pada box tersebut.
  • North 150 adalah posisi garis tengah box sejauh 150 mm ke arah north.
  • East 0  box tidak akan bergeser ke arah east maupun arah west.
  • Down 400 box diturunkan sejauh 400mm atau setengah dari tinggi box itu sendiri, karena ukuran box-nya adalah panjang 100mm (ke arah east) x lebar 200mm (ke arah north) x tinggi 800mm, dengan orientasi mengacu pada Y= North dan Z = Up.
Sama seperti langkah pembuatan  dish,  Anda dapat langsung meng-copy atau create box  baru untuk kaki vessel  yang lain.
Berikutnya dapat dilihat posisi dari masing - masing primitive  telah membentuk sebuah vessel.
Posisi masing-masing primitive
Posisi masing-masing primitive
Hasil equipment / vessel  secara 3D model dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini. 


Tampilan vessel dari beberapa primitive model
Tampilan vessel dari beberapa primitive model

http://avevapdms.blogspot.co.id

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔