Menu Umum PDMS

agfirmansyah 09.58
Dengan alasan lebih mengoptimalkan pemahaman seputar PDMS, pendekatan pada pengenalan tidak akan membahas satu persatu menu pada main menu bar, akan tetapi akan dibahas bertahap sesuai dengan fungsinya, beberapa menu yang umum digunakan antara lain adalah :

Members, member tool box adalah salah satu menu utama, untuk memunculkan menu telah dibahas sebelumnya, ada tiga menu utama dimana masing - masing mempunyai beberapa pull-down menu:

1. Control dengan pull-down menu antara lain; Advanced, Resize, Drawlist, Show Extract Claim. Diantara menu pull-down ini yang paling sering diakses adalah Drawlist, sedangkan show Extract Claim, banyak digunakan pada PDMS global, begitu juga dengan resize banyak digunakan pada PDMS dengan versi lcbih rendah (sebelum menggunakan versi 11.6). Penggunaan drawlist akan dibahas lebih lanjut. 






Control dan pull down menu
Control dan pull down menu


2. GoTo, merupakan menu untuk mendapatkan informasi dari sebuah komponen atau item yang diseleksi.

3 .Drawlist, berbeda dengan drawlist yang terdapat pada menu control, drawlist disini mempunyai pull-down menu yang berfungsi sebagai penunjuk atau penanda, memunculkan dan menghilangkan grafik dari screen view. Add CE akan menampilkan apapun yang anda klik saat ini pada member, seperti contoh Elbow 8 pada gambar berikut, dapat juga dengan menggunakan syntax pada command tool yaitu.


 ADD CE AUTO CE



Add owner akan menampilkan "owner" topik ini akan lebih jauh dipelajari dalam pembahasan mengenai hierarchy. Sedangkan add CE with colour adalah menampilkan sesuatu yang anda klik dengan penandaan warna.
Bila diinginkan memunculkan sebuah komponen dengan penandaan warna melalui command ketik :

ENHANCE CE COL RED

Penandaan pada command diatas dengan menggunakan warna merah sebagai penanda, anda dapat mengganti warna penandaan sesuai dengan warna yang disukai. berikutnya adalah menghilangkan, baik menghilangkan yang anda klik saat ini (remove CE) maupun menghilangkan semua dari screen (Remove All) menghilangkan disini bukan berarti men-delete.


Drawlist dan pull down menu
Drawlist dan pull down menu


Design Menu, beberapa pull-down menu  untuk bagian ini seperti terlihat pada gambar berikut.
 
Design dan pull down menu
Design dan pull down menu




Save work, fungsinya sama seperti proses penyimpanan data pada program-program umum lainya, untuk menjalankan fungsi ini dapat melalui klik pada save icon yang terdapat pada main menu bar , atau dapat juga deogan mengetik SAVEWORK pada command tool box.


Get Work, hanya berfungsi pada pdms dengan sistem network, maksudnya database disimpan pada sebuah server yang dapat diakses oleh user, get work berarti menampilkan apapun modifikasi atau pekeajaan yang dilakukan oleh user lainya setelah user bersangkutan melakukan langkah savework. Get work selain dengan klik pada menu dapat juga di akses dengan mengklik icon Get Work atau melalui command tool box dengan syntax GETWORK. Extract control dan Session comment sangat jarang digunakan.
 
Equipment, adalah salah satu mode  dari menu design yang digunakan untuk mengerjakan pemodelan equipment , kita akan mempratekkan bagian ini pada bagian pemodelan equipment

Tampilan header modul equipment
Tampilan header modul equipment


Setelah memilih menu equipment, akan terlihat tampilan menu yang berbeda dengan sebelumnya. Pada versi 11.6 dan diatasnya, anda dapat melihat nama project yang sedang diakses, contoh pada gambar diatas (Project -SAM).

Pipework, Cable Trays, HVAC, Structures, Hanger & Support, merupakan menu Design sesuai dengan disiplin yang akan dikerjakan tentunya dengan tampilan yang berbeda pula seperti halnya pada equipment. Berbeda dengan Design Templates bila masuk pada bagian ini akan disuguhkan dengan berbagai template yang tersedia.

Modules, mempunyai beberapa pilihan seperti ditunjukan pada tampilan berikut.
Submenu modules
Submenu modules



Monitor, digunakan untuk mengganti akses user ataupun MDB yang digunakan, sedangkan submenu lainya digunakan untuk berpindah ke modul yang dipilih pada sub menu tersebut. Disamping dengan mengklik langsung pada submenu juga dapat diakses melalui command tool box dengan mengetik syntax modul yang diinginkan, contoh untuk masuk ke modul draft cukup dengan mengetik

DRAFT

View Menu, beberapa menu yang sering di akses pada modul design, pada bagian ini autara lain.
Pull down menu walk to
Pull down menu walk to


Walk To,  submenu Entire draw list, berfungsi hampir sama seperti Add CE pada drawlist  dimana telah dibahas sebelumnya, untuk memunculkan model pada screen monitor dapat dilakukan dengan menu ini atau Add CE  pada drawlist,  juga dengan mengklik icon Add CE To Drawlist, atau syntax  Add CE pada command tool box.

Kemudian klik kanan pada mouse , maka akan muncul tool box seperti gambar berikut :


Tampilan tool box dengan klik kanan pada mouse
Tampilan tool box dengan klik kanan pada mouse

Pilih Walk To -> Entire Draw List, maka model yang anda inginkan akan muncul di screen monitor. Jika dibandingkan antara view- pull-down menu  dengan menu pada klik kanan mouse  ada beberapa fungsinya yang sama dan salah satu menu yang paling sering digunakan pada menu ini adalah Middle Button Drag.
Sub menu middle button drag
Sub menu middle button drag

Selain memilih melalui submenu  tersebut anda juga dapat menggunakan fungsi tombol pada keyboard  antara lain : F2 sebagai zoom in / out , F3 untuk fungsi Pan, F5 untuk fungsi rotate.



F7 untuk menampilkan view sebagai eye model, F8 fungsi Shaded, F9 untuk memunculkan Status Area, F10 untuk view prespective, fungsi-fungsi ini juga terdapat pada View-> Setting->......
View elevation dapat diakses melalui menu View -> Look -> ....Atau dengan menu klik kanan mouse tadi, anda dapat menampilkan pandangan dengan melihat arah yang dipilih.
Plan, patokan yang digunakan adalah sumbu Y, setiap pilihan yang digunakan akan menghadap arah sumbu Y, contoh Plan -> North maka arah North akan menghadap ke arah sumbu Y, Plan -> West maka arah west adalah yang terdapat pada sumbu Y, begitu juga seterusnya.
Isometrik, mempunyai pilihan dimulai dari Iso 1 sampai dengan Iso 4, view disini merupakan arah yang selalu menuju ke arah North, sebagai contoh Iso 3 arah north akan mengarah ke sudut kiri atas, lihat gambar berikut untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.
 
ISO dengan empat pilihan arah
ISO dengan empat pilihan arah

Berikutnya yang sering digunakan yaitu set Centre of View , dengan mengklik komponen yang akan dijadikan sebagai pusat rotasi atau benda yang menjadi acuan pada screen  pilih set Centre of View -> Selection atau dapat juga dengan klik pada icon Centre on Selection. Menu lainnya akan dibahas pada masing-masing model. ditulis oleh avevapdms.blogspot.co.id

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔