Pengenalan singkat PDMS Ver.11.5: USER INTERFACE

agfirmansyah 13.18
Setelah anda mengikuti dan memahami pada part-1 pengenalan singkat PDMS dan kini anda coba login dengan PROJECT SAM username SAMPLE password SAMPLE seperti yg pernah dibahas pada part-1


Pada part-3 ini kita akan mencoba mempelajari :
  • Menampilkan objec ke display utama / main windows
  • Sedikit command line
  • pengenalan icon2
Perhatikan pada window member ,Arahkan panah mouse anda ke STABILIZER , kliklah bagian kiri mouse anda pada bagian tsb. (klik dengan mouse kiri pada tulisan STABILIZER)
Setelah langkah di atas maka tampilan windows sekarang akan terlihat seperti gambar dibawah ini , perhatikan dibawah SITE /STABILIZER akan terdapat beberapa ZONE contoh di sini adalah ZONE /EQUIP /PIPES /BUILDING /STEEL /RACKPIPES dan seterusnya ,
Selanjutnya coba anda klik dengan tombol mouse kiri anda pada tulisan ZONE – EQUIP , kini windows member akan tampak seperti gambar di bawah ini:
Kita akan coba menampilkan ZONE EQUIP ini ke main windows , ada beberapa cara , dengan commnad line atau dengan menu GUI , kita akan coba dengan menu GUI , perhatiakan pada submenu bar di windows membar terdapat Control Goto dan Drawlist, anda klik Drawlist>Add CE with Colour
Selanjutnya akan di tampilkan windows Add curent element denga berbagai warna coba kita klik warna cyan
Perhatikan tampilan layar utama ,Jika tampilan belum ada atau kurang sempurna kliklah icon seperti gambar disamping ini (walk to drawlist)
Kini tampilan screen anda seperti gambar dibawah ini , ini adalah tampilan default dari pdms pertama kali dan anda dapat merubah tampilan /sudut pandang anda untuk keperluan pekerjaan anda.
Tampilan default anda adalah pandangan atau orientasi melihat dari atas ke bawah
peng-7
Sebelum melangkah kebagian berikutnya mengenai pengaturan arah tampilan ,anda diharapkah mengerti arah mata angin.
Ketika anda sedang melihat kearah NORT didepan/muka anda maka dibelakang anda adalah SOUTH, begitu juga sebaliknya ketika anda sedang melihat didepan anda SOUTH otomatis dibelakang anda adalah NORTH.
Ketika dihadapan anda adalah NORTH maka disebelah KIRI anda adalah WEST dan sebelah kanan adalah EAST
Dan ketika dihadapan kita SOUTH maka disebelah kiri anda adalah EAST dan disebelah kanan anda adalah WEST.
Sedangkan diatas kita adalah UP , dan dibawah kita adalah DOWN.
Bahasan diatas harus dipahami dan dimengerti benar2 .Prinsip dasar dari pada dasar 3D adalah adanya 3 koordinat yaitu PANJANG, LEBAR dan TINGGI yang dapat diwakili oleh X , Y , Z
PDMS memiliki aturan sbb:
X : mewakili EAST
Y : mewakili NORTH
Z : mewakili UP
-X:mewakili WEST
-Y:mewakili SOUTH
-Z:mewakili DOWN
Kini tekanlah F9 dan perhatikan pada window 3D view bagian bawah akan ditampilkan arah ata angin Atau Orientation
peng-8
Pada gambar dibawah ini anda sedang melihat / mengamati object 3D , anda sedang mengamati area dari atas ke bawah (looking down) anda perhatikan diatas N terdapat tanda panah yg menandakan kearah mana anda sedang melihat.
peng-9
Sakarang mari kita coba bagaimana tombol tanda panah tersebut dapat membantu kita dalam menentukan arah tampilan, arahkan pointer mouse anda ke tombol tanda panah , setelah itu tekan tombol kiri mouse (tombol jangan delepas) dan geserlah mouse anda kearah kanan anda untuk menempatakan tombol tanda panah tersebut ke atas E , dan coba anda geser lagi ke arah S dan W,
peng-10
Sekarang kita coba lihat kembali kearah NORTH , dan arahkan ponter mouse anda ke samping dan coba pindah kan tombol panah ke posisi 0 , selanjutnya tampilan akan terlihat seperti gambar dibawah ini, berguna untuk merubah tampilan atas dan bawah.
peng-11
Selain key F9 masih ada beberapa lagi akan kita pelajari
Pada proses pegamatan Object 3D , kita akan perlu :
ROTASI DISPLAY (F5)
ZOOM (F2)
PAN (F3)
MODEL WIRELINE (F8)
ROTASI DISPLAY (F5) :
1.Aktifkan rotasi denganmenekan key F5
2.Arahkan pointer mouse anda ketengah layar utama
3.Tekan dan tahan tombol tengah mouse anda. Kemudian gerakanlah mouse anda kekiri atau ke kanan untuk memutar tampilan display.
4.lepaskan tombol tengah mouse anda dan tekan dan tahan lagi dan gerakan mouse anda kearah atas dan bawah.
Catatan: Ketika anda sedang memutar kearah kiri dan kanan anda tidak dapat memutar kearah atas dan bawah , maka yang harus anda lakukan adalah melepaskan dahulu tombol tengah mouse dan tekan kembali sambil menahan Tombol mouse anda untuk dapat memutar keatas dan kebawah
Selain F5 anda dapat mengaktifkan dengan bantuan icon yang telah disediakan , icon tersebut terletak pada bagian kiri display anda seperti di tunjukan pada gambar berikut :
ZOOM (F2)
1.Aktifkan ZOOM dengan menekan key F2
2.Arahkan pointer mouse anda ketengah layar utama
3.Putarlah scroll tambol tengah mouse ,perputaran kearah depan akan membuat tampilan layar membesar,sebaliknya diputar kearah belakang akan membuat layar tampilan mengecil, ketika pdms 11.4 dahulu belum ada mouse dengan scroll , hanya ada tiga tombol kiri tengah dan kanan , nah jika mouse anda tidak terdapat scrool (atau mungkin scrool nya rusak) anda dapat menekan tombol tengah mouse atau scrolnya tahan janga dilepas dan geser geselah mouse anda maka zoom akan berjalan.
Anda juga dapat memanfaatkan bantuan icon untuk dapat melakukan ZOOM pada tampilan , terdapat dua icon zoom yaitu zoom rectangle dan zoom in/out.
Zoom in/out hampir sama penggunaannya seperti zoom yang di lakukan dengan menekan key F2 , untuk zoom ractangel sama penggunaannya seperti pada AUTOCAD yaitu denga klik mouse kiri dan drag area yg akan di zoom
PAN (F3)
1.Aktifkan Pan dengan menekan key F3
2. Tekan dan tahan tombol tengah mouse anda. Kemudian gerakanlah mouse anda kekiri atau ke kanan atau keatas kebawah untuk menggeser tampilan display.
3.Atau dengan cara bantuan icon
Wireline(F8)
Kadang kala kita memerlukan bantuan untuk melihat titik origin pada suatu objek 3D , atau pengukuran dimensi maka kita perlu mengubah object solid menjadi wireline
Pada tampilan terakhir tekanlah key F8 untuk merubah ke tampilan wireline , dan untuk merubah kembali ketampilan solid tekanlah F8 sekali lagi
peng-17
Utility lainnya untuk proses pengaturan tampilan display :
Pada pelajaran kita kali ini saya hanya akan membahas pada penggunaan :
Limits Ce
Zoom to selection
Walk to drawlist
Centre of selection
Ke empat utility tersebut sering sekali digunakan dalam pengaturan tampilan. Sekarang saya akan bahas satu persatu :
Limits CE
Limits CE adalah membatasi tampilan pada objek yg akan kita amati saja , kita akan memfokuskan pada objek yg kita inginkan .

Perhatikan pada gambar diatas , pada jendela member posisi yang aktif di tandai dengan background yang lebih gelap (berwarna biru) dalam latihan ini posisi CE yang aktif adalah ZONE-EQUIP
Ketika kita menekan icon Limits CE maka seluruh element element objeck yg berada dibawah ZONE-EQUIP akan di fokuskan pada tampilan display
Tetapi ketika anda hanya mengaktifkan pada element tertentu yg akan anda fokuskan pada layar , maka pada tampilan layar hanya akan difokuskan pada element CE  yang di aktifkan saja
 Sekarang aktifkanlah pada EQUI-D1201 dibawah ZONE-EQUIP , perthatikan pada tampilan display utama untuk EQUI-D1201 sudah berubah warna menjadi kuning yang menandakan bahwa objeck tersebut adalah EQUI-D1201  .  Element EQUI-D1201 terdiri dari beberapa anak hierarchy seperti NOZZ , SUBE , TMPL dll..
Baiklah langkah berikutnya anda akan memfokuskan element EQUI-D1201 tersebut di display langkah selanjutnya anda hanya mengklik icon Limits CE

Inilah tampilan display setelah anda mengklik icon Limits CE , display akan memfokuskan pada element EQUI-D1201 saja , sekarang cobalah anda rotate display tersebut seperti yg sudah pernah dipelajari sebelumnya. Apa yang anda lihat , khusus element lain pada saat rotasi berlangsung akan tampil tidak sempurna alias terpotong potong atau hilang dan tampil . Tidak akan ada objek yang menghalangi tampilan dari EQUI-D1201


Setelah selesai dalam memfokuskan pada suatu element maka kita perlu untuk merefresh kembali semua tampilan agar menjadi normal kembali . Anda dapat menggunakan Icon Walk to Drawlist
ZOOM SELECTION
Fungsi nya sama dengan limits CE , perbedaannya ketika kita melakuan proses rotate maka element yg lain tidak akan hilang atau terpotong potong seperti proses limits CE

CENTRE OF SELECTION
Fungsi ini berguna jika kita akan meletakan objek/element terpilih  ke posisi tengah pada tampilan display dan juga berfungsi sebagai penentu sumbu rotasi.
1.   Pilihlah salah satu element EQUI dibawah ZONE-EQUIP
2.  Setelah itu kliklah icon center of selection
3.  Element / objek yang terpilih akan pindah ke posisi tengah tampilan display.
Buatlah tampilan display anda seperti gambar di atas (degan key F2 untuk zoom dan F3 untuk pan)


Setelah itu arahkan / aktifkan element EQUI-PI50A

Element EQUI-P1501A yg terpilih akan pindah ke posisi tengah setelah kita mengklik icon centre of selection

Element EQUI-P1501A telah pindah ke posisi tengah layar display anda.
pada utility yg lain akan kita bahas seiring dengan berjalan nya kemampuan anda sekalian.

sumber soedirmans.wordpress.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔